Duck hunt




Munculah
Loading...
  • Terlihat... Nampakan Bukti Seo
    Sedang Diarahkan Ketujuan...
    Cokies Dan Penampungan 3 Wap
  • Mild Grabs Search Cokies Wapmild
    |

    Apa yang sedang anda renungkan?

    Batal
    Wapmild
    Saya ingatkan anda Kawan:
    Contact
    US
    Follow
    Twitter
    Ikuti
    Fb

    Masa Majapahit | Antara Lain Gerbang Terbelah Candi Bentar

    WAPMILD (Admin)
    Pesan : Jika Kamu ingin copas sertakan link artikel ini iya Masa Majapahit | Antara Lain Gerbang Terbelah Candi Bentar

    Nagara kretagama menyebutkan budaya keraton yang adiluhung dan anggun, dengan cita rasa seni dan sastra yang halus, serta sistem ritual keagamaan yang rumit.

    → Peristiwa utama dalam kalender tata negara digelar tiap hari pertama bulan Caitra (Maret-April) ketika semua utusan dari semua wilayah taklukan Majapahit datang ke istana untuk membayar upeti atau pajak . Kawasan Majapahit secara sederhana terbagi dalam tiga jenis:

    → keraton termasuk kawasan ibu kota dan sekitarnya; wilayah-wilayah di Jawa Timur dan Bali yang secara langsung dikepalai oleh pejabat yang ditunjuk langsung oleh raja; serta wilayah-wilayah taklukan di kepulauan Nusantara yang menikmati otonomi luas.

    → Ibu kota Majapahit di Trowulan merupakan kota besar dan terkenal dengan perayaan besar keagamaan yang diselenggarakan setiap tahun. Agama Buddha , Siwa , dan Waisnawa (pemuja Wisnu ) dipeluk oleh penduduk Majapahit, dan raja dianggap sekaligus titisan Buddha, Siwa, maupun Wisnu. Nagarakertagama sama sekali tidak menyinggung tentang Islam , akan tetapi sangat mungkin terdapat beberapa pegawai atau abdi istana muslim saat itu.

    → Walaupun batu bata telah digunakan dalam candi pada masa sebelumnya, arsitek Majapahitlah yang paling ahli menggunakannya.

    → candi Majapahit berkualitas baik secara geometris dengan memanfaatkan getah tumbuhan merambat dan gula merah sebagai perekat batu bata. Contoh candi Majapahit yang masih dapat ditemui sekarang adalah Candi Tikus dan Gapura Bajang Ratu di Trowulan, Mojokerto. Beberapa elemen arsitektur berasal dari masa Majapahit, antara lain gerbang terbelah candi bentar , gapura paduraksa (kori agung) beratap tinggi, dan pendopo berdasar struktur bata. Gaya bangunan seperti ini masih dapat ditemukan dalam arsitektur Jawa dan Bali.


    Anda baru saja membaca
    Masa Majapahit | Antara Lain Gerbang Terbelah Candi Bentar
    Jika Ingin Main share lagi tolong sertakan site WAPMILD

    Created at 2016-08-30 20:59:48
    Tags: candi bentar , gerbang terbelah , masa Majapahit
    Sejarah Majapahit - Yang Wajib Kita Ketahui


    0 Rate upStar
    Comments: Masa Majapahit | Antara Lain Gerbang Terbelah Candi Bentar
    No Photo
    Fitri
    2016-09-02 01:41:29

    Terimakasih wapmild, dengan artikel anda saya bisa menyelesaikan makalah saya, salam hormat.